Selasa, 21 April 2009

Bloger ilmiah




BLOGER ILMIAH



Plastik mungkin barang yang berguna bagi banyak orang. Buktinya diperkirakan 500 juta satu miliar mkantong plastik digunakan diseluruh dunia tiap tahunnya. Namun ketika plastik sebanyak ini digabungkan menjadi satu, ternyata bisa membungkus paermukaan bumi hingga 10 kali lipat. Fungsinya sih lumayan baik. Tapi dampak yang ditimbulkan dari plastik yang telah tergabung lumayan besar. Plastik berbahan konvensional tidak mudah terurai. Butuh waktu yang lama untuk membuatnya terurai sempurna. Menuggu plastik terurai dengtan alam, malah menambah masalah.
writer: Deuis H


Saluran air, tanggul jadi tersumbat. Akibatnya malah bikin banjir. Kalo plastik dibakarpun ternyata masalahnyapun makin kompleks. Pembakaran yang gak sempurna, zat dioksin yang terhisap akan memicu penyakit kanker, hepatitis, pembemgkakan hati,gangguan sistem saraf dan depresi. Memang sebaiknya kalo bepergian membawa kantong kresek biodegradabel (ramah lingkungan).


Plastik cukup bersahabat dengan manusia. Selain fungsinya sebagai alat dapur, mandi, penghias kamar mandi,plastikpun membuat wajah bagus melalui operasi plastik.


Plastik ada 2 macam: 1. bersifat lunak (seluloid) dan mudah terbakar, karena sifatnya yang kurang tahan panas. Plastik semacam ini ditemukan oleh Jhon Wesley Hyatt. Sementara plastik yang tahan panas dan lebih populer dipakai industri saat ini disebut plastik bakelit. Plastik semacam ini ditemukan pertama kali oleh Leo Hendrik Baekeland. Warga Amerika berkebangsaan Belgia ini adalah seorang ahli kimia yang verdas. Baekeland mereaksikan dua jenis bahan kimia formalheid (bahan pengawet) dan fenol (bahan pembasmi kuman). Lalu bahan ini dipanaskan dengan mengontrol suhu dan tekanannya. Hasilnya berbentuk bhan baru yang bisa dipilin, dibengkokan, dan di buat berbagai bentuk.Lewat temuannya ini tahun 1910 dia mendirikan pabrik plastikdan selanjutnya diperkenalkan kepada masyarakat umum.


Awalnya plastik tahan panas digunakan sebagai bahan pembuat kancing, bola biliar, dan kotak radio. Baekeland meninggal pada tahun 1944,23 februari di usia 81 tahun di Beacon, New York, Amerika.

1 komentar:

  1. bagus juga ya ....ilmiahnya dapat mengetahui semua orang tentang bahayanya kantong plastik ha....................

    BalasHapus

Wilujeng sumping di pos Comment, but commentnya yang bae2 ya.... haaaha